Pengalaman ke Gunung Tangkuban Perahu

Pengalaman ke Gunung Tangkuban Perahu
November 22, 2016 Paulus Fernando

Pengalaman ke Gunung Tangkuban Perahu

 

Samdecanth.com – Hello guys, kali ini kita bakal bahas tentang pengalaman dan tips jalan-jalan ke salah satu tempat wisata alam yang ada di daerah Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tempat wisata alam yang kece dan Indonesia punya Gunung Tangkuban Perahu namanya.

Gunung Tangkuban Parahu, Kenapa namanya Tangkuban Parahu ? kalau orang Sunda mah pasti tau atuh artinya apa, nah buat yang bukan Sunda dan belum tau sejarahnya, nih kita kasih tau sedikit. Ya jadi begini sobat, Tangkuban perahu berasal dari dua kata, yaitu “Tangkuban” dan “Parahu” , “tangkuban” artinya (posisi) tengkurap dan “parahu” artinya Perahu, jadi kenapa dinamakan Tangkuban Perahu/Tangkuban Parahu ? Karena Gunung ini bila dilihat dari kejauhan, terlihat seperti bentuk perahu yang sedang tengkurap atau terbalik. ( kalau gak percaya, boleh dilihat sendiri dari daerah sekitaran Kota Bandung atau Cimahi ). Gunung cantik ini dikaitkan dalam dongeng nusantara lho, judulnya Sangkuriang.

22

Pembelian tiket masuk ke Gunung Tangkuban Perahu per orang adalah Rp. 30.000,- dengan biaya parkir per 1 motor adalah Rp.17.000,- jadi kalau 1 motor ada dua orang, bayarnya Rp.77.000.

Setelah membeli tiket disana, kita masih harus berkendara dijalur menanjak dan berkelok tajam menuju atas gunung ke area utama wisata Gunung Tangkuban Perahu yang berjarak sekitar 2 kilometer. Dari perjalanan ini bau belerang sudah mulai bisa tercium sampai nanti di Kawasan Utama Wisata, makanya dianjurkan menggunakan masker.  Saat itu suhu disana sangat rendah dan dapat merasakan seperti berada dalam freezer kulkas, kabut yang sangat tebal dengan jarak pandang kurang lebih hanya 8meter saja, dengan kelembapan udara yang tinggi. Memang seperti itulah cuaca alami disana apabila masih memasuki musim penghujan. (jangan aneh bila dijalan merasan kepanasan, tapi sampai di tempat wisata malah kedinginan).

Nah, Ketika telah sampai area utama wisata Gunung Tangkuban Perahu barulah mencari tempat parkir motor.  Disini juga ada ruangan terpisah untuk tempat informasi bagi para wisatawan terutama untuk turis asing, disana bisa dijelaskan tentang kawah kawah apa saja yang ada dan kawah mana saja yang boleh dikunjungi, pelayanannya ramah-ramah kok bertanya apa saja tentang tempat wisata ini, pasti akan dijawab dengan senang hati. Ada banyak spot bagus buat liat pemandangan dan foto-foto juga. Mata jadi seger deh pokoknya !

Kawah pertama yang banyak dikunjungi pertama kali adalah Kawah Ratu, mengapa? karena kawah itu terletak paling dekat dengan tempat parkir kendaraan, kawah di lokasi pertama dan kawah ini merupakan kawah terbesar barangkali. Kawah ini tidak berbahaya jika kita mengunjunginya, karena potensi aktif dan zat racunnya rendah atau bahkan tidak ada di kawah ini.

23

Selain kawah Ratu itu juga masih banyak kawah lain, namun waktu tidak terasa, hari semakin sore , kami memutuskan langsung jalan-jalan ke area penjualan souvenir. Disana banyak kios oleh-oleh berjajar disepanjang jalan yang memang dibuat untuk berjualan, dari penjual baju, aksesoris, makanan, alat musik, Belerang, sampai tumbuhan juga ada, tinggal pilih saja sesuaikan dengan isi dompet anda masing-masing.

Hari semakin sore dan gelap, pukul 17.00 WIB sudah banyak pengunjung yang pulang meninggalkan kawasan wisata yang terkenal khususnya di Kota Bandung dan sekitarnya. Penjaga kawasan pun mengingatkan kepada seluruh pengunjung untuk segera meninggalkan kawasan wisata (bukan mengusir ya, tapi karena memang sudah waktunya hari itu wisata ditutup). Kawasan wisata disterilkan agar seluruh pengunjung aman dan terpantau terkait status Gunung Tangkuban Perahu saat ini. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk kepada para pedagang di sana, mereka telah menutup lapaknya dan meninggalkan kawasan wisata ini pada jam tersebut.

24 25

Tentunya untuk menemani menelusuri perjalanan wisata kita ke Tangkuban Perahu, kita harus memastikan memakai tas yang  nyaman dan tahan dalam segala situasi dan kondisi yang terjadi disana.

Tas samdecanth adalah solusi yang tepat bagi kalian semua yang mau dan berencana melakukan perjalanan ke Tangkuban Perahu.

Segera lakukan pemesanan untuk mendapatkan tas denim handmade buatan anak negeri  berkualitas dari samdecanth, hubungi kami  dan kami siap membantu melalui :

Telp / WA : 087771555646

Email : samdecanth@gmail.com

Mau jadi reseller dengan keuntungan lansung mencapai 25% juga bisa. Jika berminat menjadi reseller bisa langsung order di :

Reseller Guide

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*